Minggu, 13 Juni 2010

BIOMIMIKRI

Topik kita kali ini yaitu tentang biomimikri..sedikit intermezzo..saya dapatkan info biomimikri ini ketika kuliah Ekologi HUtan Tropika...oke dewh langsung z...check it out ..

Dilihat dari definisinya Biomimikri adalah ilmu yang menempatkan obyek alam (khususnya makhluk hidup) sebagai model perancangan dan proses , menirunya dan daplikasikan pada teknologi modern.

Sebenarnya ilmu ini secara alami sudah ada dalam benak para ilmuwan jaman dulu sebut saja Wright bersaudara penemu pesawat terbang yang diilhami oleh kemampuan burung untuk terbang. Lebih jauh lagi manusia yang hidup pada generasi pertamapun tentu dia benyak belajar dari alam sebagai acuan pengembangan diri. Namun secara formal istilah biomimikri pertama kali dikemukakan oleh Janine M. Benyus, seorang penulis dan pengamat ilmiah dari Amerika yang kemudian mendirikan Biomimicry Institute.

Nama lain pengembang biomomokri adalah David Oakey, perancang strategi produk untuk Interface Inc., sebuah perusahaan yang menerapkan desain di alam untuk meningkatkan mutu produk dan produktivitas. Dia membuat pernyataan sebagai berikut:
"Alam adalah guru saya untuk bisnis dan desain, sebuah panutan cara hidup."

Berikut beberapa ilustrasi mahkluk hidup yang dapat dipakai sebagai acuan pengembangan teknologi (biomimikri):
• Burung seriti yang dapat terbang dengan jumlah ribuan pada tempat yang sama tanpa bertabrakan satu sama lain dapat dipakai sebagai contoh mobil terbang masa datang.
• Sistem pemanas dan pengatur udara di dalam sarang rayap jauh lebih baik dari segi perangkat dan penggunaan energi dibandingkan buatan manusia,
• Sistem perekat cicak lebih ditiru sebagai jenis perekat modern yang sedang dikembangkan.
• Ganggang penghasil cahaya mencampur aneka zat kimia untuk menjadikan tubuh mereka bercahaya.
• Ikan dan katak Kutub Utara membeku padat dan kemudian dapat hidup kembali, karena mampu menjaga organ tubuhnya dari kerusakan akibat proses pembekuan es.
• Bunglon dan gurita dengan cepat mengubah pola dan warna kulit mereka untuk menyelaraskan diri dengan lingkungan sekitar.
• Lebah, penyu, dan burung menentukan arah perjalanan dan menemukan tujuan mereka tanpa peta.
• Ikan paus dan penguin menyelam di laut tanpa perangkat penyelaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar